KERJA SAMA

Februari 2024
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  
  • Pelepasan Mahasiswa KKN STAI Darussalam Kunir: DAKU Mengabdi Menyentuh Aspek Pendidikan, Pertanian, dan UMKM di Compreng

    Compreng, 28 Desember 2023 [AF] – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Kunir menggelar acara pelepasan bagi 56 mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “DAKU Mengabdi”. Acara yang diselenggarakan di Kecamatan Compreng ini dihadiri oleh Dr. Hj. Nur Lailiyah Aidatus Sholihah, MH, selaku Ketua STAI Darussalam Kunir, beserta jajaran civitas akademika dan Bapak H. Endang Herdiana, SE., M.Si, Camat Kecamatan Compreng.

    Kegiatan pelepasan ini menjadi momen bersejarah bagi mahasiswa yang akan menjalani KKN selama 40 hari, mulai 1 Januari hingga 10 Februari 2024. Dengan peserta sebanyak 56 mahasiswa, program ini memiliki fokus pada tiga potensi utama di wilayah Kecamatan Compreng, yaitu pertanian, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), serta pendidikan.

    Dr. Hj. Nur Lailiyah Aidatus Sholihah menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat. “Kami berharap mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman lapangan tetapi juga mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan potensi di wilayah Compreng,” ujar Dr. Nur Lailiyah.

    Bapak H. Endang Herdiana, SE., M.Si, selaku Camat Kecamatan Compreng, menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN STAI Darussalam Kunir di wilayahnya. “Kami berharap kerjasama yang baik antara mahasiswa KKN dan pemerintah setempat dapat menghasilkan program-program yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

    Setelah acara pelepasan, para mahasiswa langsung menuju posko KKN di Kecamatan Compreng. Di sana, mereka akan berkoordinasi dengan pejabat pemerintahan setempat, melakukan silaturrahmi dengan tokoh masyarakat, dan membahas analisis kebutuhan masyarakat. Acara dilanjutkan dengan rapat awal yang membahas penyusunan program kerja dan pengarahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan.

    KKN “DAKU Mengabdi” diharapkan dapat menjadi momentum sinergi antara dunia pendidikan dan masyarakat, menciptakan proyek-proyek berkelanjutan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan wilayah Compreng secara holistik. Melalui partisipasi aktif mahasiswa, diharapkan masyarakat setempat dapat merasakan dampak positif yang signifikan dari kegiatan KKN ini.

  • Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Darussalam Kunir Kunjungi Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadiin Subang

    Subang, 16 Desember 2023 [AF]— Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Kunir melaksanakan kunjungan studi ke Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadiin Subang pada hari Sabtu, 16 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin semesteran untuk memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman mahasiswa terhadap berbagai aspek pendidikan Islam.

    Sebanyak 23 mahasiswa dan 3 dosen dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam turut serta dalam acara kunjungan ini. Mereka tiba di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadiin Subang untuk menjalani serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan mereka terkait kurikulum dan aktivitas keislaman di lingkungan pendidikan.

    Kegiatan dimulai dengan studi mendalam terhadap kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Anwar, yang memberikan wawasan yang berharga bagi mahasiswa dalam merancang kurikulum. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para guru dan staf MTs Nurul Anwar.

    Selain itu, acara ini juga melibatkan sosialisasi kegiatan penerimaan mahasiswa baru, di mana mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Darussalam Kunir dapat berbagi pengalaman mereka dengan calon mahasiswa yang berminat bergabung dengan institusi tersebut. Dengan penuh antusiasme, mahasiswa memberikan informasi terkait keunikan dan keunggulan kampus mereka kepada para tamu.

    Tak hanya berfokus pada aspek akademis, kunjungan studi ini juga diisi dengan kegiatan silaturrahmi ke para pimpinan dan Kiai di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadiin. Mahasiswa dan dosen memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran, mendiskusikan isu-isu terkini dalam pendidikan Islam, serta mempererat hubungan antarlembaga.

    Kunjungan studi ini berhasil menciptakan suasana yang penuh inspirasi dan kebersamaan antara mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Darussalam Kunir dan Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadiin Subang. Acara ini tidak hanya menjadi pembelajaran akademis, tetapi juga memupuk nilai-nilai persaudaraan dan semangat kebersamaan di antara kedua lembaga pendidikan yang memiliki visi serupa.

  • **Perlombaan Essay di STAI Darussalam Kunir Memotivasi Mahasiswa untuk Berkreasi dan Berpikir Kritis**

    Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional

    Dengan tema : Santri Era Digital

    *Kunir, 24 Oktober 2023* – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Kunir telah sukses menyelenggarakan perlombaan essay yang mengundang partisipasi aktif mahasiswa dari berbagai jurusan. Perlombaan tersebut bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk lebih berkreativitas dan berpikir kritis dalam mengekspresikan gagasan mereka dalam bentuk tulisan.

    Dalam perlombaan yang berlangsung selama tiga hari ini, para mahasiswa di STAI Darussalam Kunir dari berbagai tingkatan telah berkompetisi dalam menulis esai yang mengangkat berbagai topik menarik dan relevan. Para peserta diberi kebebasan untuk memilih tema esai mereka, mulai dari isu sosial, budaya, agama, hingga isu-isu global yang tengah ramai diperbincangkan.

    Perlombaan ini melibatkan sejumlah juri yang merupakan dosen-dosen terkemuka di berbagai bidang studi. Mereka akan menilai setiap esai berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, termasuk kedalaman pemikiran, argumen yang kuat, penulisan yang jelas, dan kemampuan berbicara melalui tulisan.

    Selain apresiasi dan pengalaman menulis yang berharga, para pemenang juga akan diberikan hadiah menarik sebagai penghargaan atas usaha mereka. Ini termasuk sertifikat penghargaan, beasiswa, serta kesempatan untuk publikasi esai mereka di jurnal-jurnal ilmiah terkemuka.

    Dalam suasana penuh semangat, para peserta menantikan pengumuman pemenang yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023. Perlombaan essay ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk memupuk semangat mahasiswa dalam mengejar pengetahuan, berkreasi, dan berpikir kritis, sekaligus merayakan beragam bakat dan kecerdasan yang dimiliki oleh mahasiswa STAI Darussalam Kunir.

  • “Empat Dosen Prodi Ekonomi Syariah STAI Darussalam Kunir Raih Bantuan Penelitian SBK dan Litapdimas Tahun Anggaran 2023”

    “Empat Dosen Prodi Ekonomi Syariah STAI Darussalam Kunir Raih Bantuan Penelitian SBK dan Litapdimas Tahun Anggaran 2023”

    Pada Tahun Anggaran 2023, keempat dosen Prodi Ekonomi Syariah STAI Darussalam Kunir, yaitu Dr. Hj. Nurlailiyah Aidatus Sholiahah, S.HI, MH, Imron Fathurohman, S.Pd, MH, Lutfi Maulana, S.Pd.MH, dan Karyono, S.Pd.MH, meraih pengakuan atas prestasi mereka dalam dunia penelitian. Mereka telah berhasil meraih Bantuan Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran (SBK) dan Bantuan Litapdimas dalam klaster Penelitian Pembinaan/Kapasitas.

    Keberhasilan ini menegaskan komitmen STAI Darussalam Kunir dalam mendukung pengembangan penelitian yang berkualitas dan berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

    Berikut adalah profil singkat para penerima bantuan penelitian ini:

    Dr. Hj. Nurlailiyah Aidatus Sholihah, S.Hi, MH
    Dr. Hj. Nurlailiyah Aidatus Sholihah, S.Hi, MH adalah salah satu dosen Prodi Ekonomi Syariah STAI Darussalam Kunir yang meraih Bantuan Penelitian SBK. Dengan pengalamannya yang luas dalam bidang ekonomi syariah, beliau akan menjalankan penelitian yang berfokus pada [judul penelitian].

    Imron Fathurohman, S.Pd, MH
    Imron Fathurohman, S.Pd, MH juga merupakan dosen Prodi Ekonomi Syariah STAI Darussalam Kunir yang meraih Bantuan Penelitian SBK. Penelitian yang akan dilakukannya akan mengkaji TRADISI NARIK GANTANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KOSAMBI KECAMATAN CIPUNAGARA KABUPATEN SUBANG).

    Lutfi Maulana, S.Pd.MH
    Lutfi Maulana, S.Pd.MH adalah dosen Prodi Ekonomi Syariah STAI Darussalam Kunir yang mendapatkan Bantuan Litapdimas. Penelitiannya akan berkaitan dengan Analisis dampak Insiden BSI Eror dan Dugaan Hacking Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap kepercayaan dan loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Subang.

    Karyono, S.Pd.MH
    Karyono, S.Pd.MH juga menerima Bantuan Litapdimas dan akan menyelidiki [judul penelitian].

    Para dosen ini akan berusaha untuk menghasilkan penelitian berkualitas yang akan memberikan dampak positif pada perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di STAI Darussalam Kunir serta pada masyarakat luas.

    STAI Darussalam Kunir turut berbangga atas pencapaian luar biasa para dosen ini dan berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong penelitian yang berkualitas di lingkungan kampus.

    Kami akan terus mengikuti perkembangan penelitian mereka dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai hasil penelitian yang mereka lakukan.

  • Dosen dan Mahasiswa STAI Darussalam Kunir Mempresentasikan Hasil Penelitian pada Konferensi Internasional ICOIS 2023
    Kunir, 14 Oktober 2023 [AF] – Perwakilan dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Kunir, sebuah institusi pendidikan yang terkemuka dalam pengembangan studi Islam, berhasil menarik perhatian pada acara prestisius The 4th International Conference on Islamic Studies (ICOIS) 2023. Konferensi ini diselenggarakan oleh IAFORIS (Intellectual Association for Islamic Studies) yang dihadiri oleh para peneliti, akademisi, dan praktisi terkemuka dari berbagai negara Timur Tengah dan Asia Tenggara. Dengan bangga, tiga dosen dan empat mahasiswa dari STAI Darussalam Kunir telah berhasil mempresentasikan hasil penelitian mereka yang inovatif dan berkontribusi dalam bidang studi Islam. Keberhasilan ini menandai komitmen STAI Darussalam Kunir dalam mendorong pengembangan penelitian yang berkualitas dan menginspirasi di tengah-tengah komunitas akademik global. Salah satu sorotan utama dari acara tersebut adalah presentasi yang dilakukan oleh para perwakilan STAI Darussalam Kunir. Dosen yang terlibat dalam presentasi tersebut adalah Dr. Yuliana, M.Pd.I, Dr. Hj. Nur Lailiyah Aidatush Sholihah, M.H, dan Septian Eka Prahardik, M.Pd. Mereka mempersembahkan penemuan-penemuan penting dari penelitian mereka yang mendalam dalam berbagai aspek studi Islam, yang secara signifikan memberikan wawasan baru bagi komunitas akademik internasional. Bergabung dengan dosen-dosen tersebut, empat mahasiswa terbaik dari STAI Darussalam Kunir, yaitu Siti Nur Ni’mah, Syafiatun Nabila, Nur Rizki Yanti dan Mely Nurcahyanti, juga berhasil memukau hadirin dengan presentasi penelitian mereka yang terstruktur dengan baik dan menarik minat banyak peserta konferensi. Keikutsertaan mereka menggarisbawahi pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam pengembangan studi Islam dan juga komitmen STAI Darussalam Kunir dalam mengembangkan potensi akademik mahasiswanya. Selain dari perwakilan STAI Darussalam Kunir, ICOIS 2023 juga melibatkan banyak presenter dari berbagai negara Timur Tengah dan Asia Tenggara, yang menghadirkan pemikiran-pemikiran segar dan terobosan-terobosan dalam berbagai bidang studi Islam. Ini membuktikan adanya semangat kolaborasi dan pertukaran ilmu pengetahuan yang berkelanjutan antara berbagai lembaga akademik dari seluruh dunia. Ketua STAI Darussalam Kunir, Dr. Hj. Nur Lailiyah Aidatus Sholihah, MH, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh dosen dan mahasiswanya dalam konferensi ini. Ia menyatakan bahwa partisipasi mereka dalam acara ini tidak hanya meningkatkan reputasi STAI Darussalam Kunir di kancah internasional, tetapi juga mengukuhkan posisi lembaga tersebut sebagai pusat unggulan dalam pengembangan studi Islam yang inovatif dan berkelanjutan. Keberhasilan ini menegaskan bahwa STAI Darussalam Kunir tidak hanya berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswanya, tetapi juga mendorong mereka untuk aktif terlibat dalam penelitian yang relevan dan berdampak bagi masyarakat global. Dengan semangat yang sama, STAI Darussalam Kunir berkomitmen untuk terus memotivasi dan mendukung para dosen dan mahasiswanya dalam mengembangkan pengetahuan dan kontribusi mereka di masa depan.